Adzan dan Iqomah

Mengetahui Hukum Menjawab Adzan dan Iqomah

Mengetahui Hukum Menjawab Adzan dan Iqomah – Sebagai umat islam tentunnya kita sudah familiar jika mendengar suara adzan atau iqomah. Ya seperti anda ketahui bersama adzan merupakan bacaan atau lafadzh untuk memberitahukan atau menandakan waktu sholat telah tiba. Sedangkan iqomah merupakan bacaan yang menandakan sholat segera dimulai atau dilaksanakan.

Tapi tahukah anda apa hukumnya menjawab adzan atau iqomah.?, namun sebelum kami membahas tentang hukum menjawab adzan atau iqomah kami ingin membahas fenomena saat ini yang terjadi masyarakat kita. Sekarang ini banyak sekali orang yang tidak mempedulikan saat mendengar adzan, banyak dari kita masih mengobrol saat muadzin sedang mengumandangkan adzan hal ni tentunya menjadi sebuah keprihatinan bagi umat islam. Padahal orang yang mau menjawab saat muadzin mengumandangkan adzan atau iqomah mereka akan medapatkan pahala dari Allah.

 

Untuk hukum menjawab adzan dan iqomah yakni hukumnya Sunah, walaupun hukumnya sunah alangkah baiknya jika tidak berbicara atau mengobrol saat muadzin mengumandangkan adzan. Bila ingin anda menjawab, anda bisa menjawab saat muadzin mengumandangkan ” Hayya ‘ alash shalaah ” dan ” Hayya ‘alal falah ” anda bisa menjawab ” Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billaahi ”.

Sekarang anda sudah tahu hukum menjawab adzan dan iqomah, jika anda ingin mendapatkan pahala jawablah saat muadzin mengumandangkan adzan. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan kepada anda seputar hukum menjawab adzan dan iqomah,selain menjawab saat adzan dan iqomah dikumandangkan anda juga bisa membaca doa ketika mendengar adzan. Untuk mengetahui bacaan doanya simak informasi sebelumnya yang sudah kami bahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *